Universitas Islam Bandung
Program Studi Statistika

Kuliah Praktek

Kuliah praktek merupakan suatu kegiatan praktis yang harus dikerjakan oleh mahasiswa sendiri dengan petunjuk seorang pembimbing. Tujuan dari kegiatan kuliah praktek ini adalah selain untuk memperkenalkan dunia kerja kepada mahasiswa, juga untuk menerapkan berbagai metode statistika pada bidang dimana mahasiswa itu melakukan kuliah praktek. Jangka waktu untuk menyelesaikan kuliah praktek adalah selama satu semester, yang terbagi ke dalam empat tahapan, yaitu tahap pembekalan, kuliah praktek, penyusunan laporan, dan presentasi laporan kuliah praktek.
Adapun rincian mengenai tahapan pelaksanaan mata kuliah Kuliah Praktek ini adalah sebagai berikut:
1. Pembekalan
Pada tahapan ini, mahasiswa yang akan melakukan kuliah praktek akan diberi pembekalan dalam rangka persiapan kuliah praktek. Pembekalan ini diberikan oleh tim supervisi yang ditunjuk oleh pimpinan Program Studi.
2. Pelaksanaan
Mahasiswa harus melakukan kuliah praktek selama dua bulan penuh di berbagai instansi pemerintah ataupun swasta. Tempat kuliah praktek ini dapat ditunjuk langsung oleh pihak Program Studi ataupun usulan dari mahasiswa bersangkutan. Dalam waktu tertentu, dosen pembimbing dan tim supervisi akan melakukan kunjungan (supervisi) ke tempat dimana mahasiswa itu melakukan kuliah praktek.
3. Penyusunan Laporan
Bila kuliah praktek ini selesai, maka mahasiswa yang bersangkutan harus menuliskan laporan hasil kuliah prakteknya dibawah bimbingan seorang dosen pembimbing yang ditunjuk oleh pimpinan Program Studi.
4. Presentasi Hasil Kuliah Praktek
Mahasiswa harus memberikan presentasi di depan tim penguji yang ditunjuk oleh pimpinan Program Studi. Tim penguji memberikan nilai akhir untuk mata kuliah ini berdasarkan laporan dan hasil yang dicapai oleh mahasiswa tersebut.