Universitas Islam Bandung
Program Studi Statistika

Perpustakaan

Mahasiswa Prodi Statistika dapat mengakses tiga perpustakaan, yaitu perpustakaan pusat Unisba, perpustakaan Fakultas MIPA dan juga koleksi pustaka yang ada di program studi.

I.  Perpustakaan Pusat Unisba
Perpustakaan pusat berlokasi di Kampus utama Unisba Jl. Tamansari No. 1 Bandung. Perputakaan ini mempunyai koleksi buku teks, jurnal nasional, jurnal internasional, prosiding, skripsi, thesis maupun distertasi. Selain memiliki koleksi dalam bentuk hardcopy, perpustakaan ini juga memiliki koleksi dalam bentuk softcopy.


Koleksi perpustakaan dapat diakses melalui dua cara, yaitu

  1. Pemanfaatan secara fisik , yaitu berkunjung langsung ke perpustakaan untuk melakukan aktivitas membaca, meminjam atau mengembalikan buku, penelusuran informasi berbasis pangkalan data (internet), mengerjakan tugas-tugas, dsb. Mulai pukul 08.0—s.d. 15.00 WIB
  2. Pemanfaatan secara on line, yaitu berkunjung ke website perpustakaan dengan alamat http://elibrary.unisba.ac.id . Koleksi yang dapat diakses secara online, diantaranya adalah jurnal local UNISBA, institutional repository UNISBA, Jurnal Internasional dari Proquest, Ebsco ,dan Cengage Learning. Terbuka selama 24 jam nonstop.

Pencarian bahan pustaka:

  1. Disediakan alat penelusur /search engine / OPAC (Online Public Access Catalog) yang terintegrasi dengan system informasi perpustakaan berbasis web. Dapat diakses di http://elibrary.unisba.ac.id
  2. Susunan koleksi di rak ,disusun berdasarkan DDC (Dewey Decimal Classification). Setiap koleksi perpustakaan diklasifikasikan berdasarkan bidang ilmu menurut DDC kemudian disimpan di dalam rak sesuai dengan klasifikasi bidang ilmu sesuai DDC. Untuk menjaga susunan koleksi agar tetap seusai susunannya setiap hari diadakan shelving koleksi, yaitu penyusunan kembali koleksi sesuai dengan nomor klasisifikasi. Hal ini akan memudahkan juga dalam pencarian koleksi yang dibutuhkan oleh para pengguna perpustakaan.

Peminjaman bahan pustaka:

Peminjam koleksi harus terdaftar sebagai anggota perpustakaan dengan lama peminjaman adalah sebagai berikut :
i.     Dosen 4 buah 14 hari
ii.    Mahasiswa skripsi 4 buah 14 hari
iii.   Mahasiswa regular 2 buah 7 hari.

Kerjasama Pemanfaatan Bahan Pustaka
Perpustakaan Unisba saat ini tergabung ke dalam jaringan perpustakaan Forum Perpustakan Perguruan Tinggi (FPPT Jawa Barat). Sesama anggota bisa saling memanfaatkan koleksinya seperti membaca di tempat dan fotocopy bahan pustaka.

Perpustakaan digital

Selain dapat meminjam bahan pustaka dalam bentuk hardcopy, setiap anggota perpustakaan juga memiliki account dan password tersendiri yang dapat dipergunakan untuk mengakses koleksi digital (elektronik). Layanan perpustakaan elektronik (elibrary) terbuka selam 24 jam nonstop. Perpustakaan elektronik terdiri dari dua, yaitu perpustakaan elektronik local UNISBA dan Perpustakaan elektronik internasional. Perpustakaan elektronik Unisba dapat diakses di http://elibrary.unsba.ac.id. Untuk akses jurnal internasional dapat melalui IP address dan juga password. Berikut alamat masing-masing database jurnal:
a.    PROQUEST: http://search.proquest.com
b.    EBSCO: http://search.ebscohost.com
c.    CENGAGE : http://infotrac.galegroup.com/default