Universitas Islam Bandung
Program Studi Statistika

Kurikulum

I.   Sejarah Kurikulum Statistika Unisba

Kurikulum Prodi Statistika Unisba pada  awal berdirinya sangat terpengaruh pada sistem pembelajaran di Statistika pembinanya yaitu Statistika Universitas Padjadjaran.  Sejak mendapatkan status “Disamakan” pada tahun 1992, Statistika Unisba telah melaksanakan pendidikan yang mandiri dan memiliki ciri atau warna yang beda yang menjabarkan visi dan misi Unisba sebagai lembaga induknya. Sejak saat itu Program Studi Statistika Unisba berketetapan untuk membekali mahasiswanya selain dari wawasan keilmuan, metodologi, filsafat Statistika dan aplikasi statistika, juga membekali mahasiswa dengan akhlak dan sikap yang mandiri yang berlandaskan nilai-nilai ke-Isalaman. Hal ini dituangkan dalam produk pertama Kurikulumnya tahun 1996, kemudian setelah memperoleh akreditasi “B” tahun 1998 dari BAN DIKTI, melakukan peninjauan kurikulum dengan melakukan keseimbangan antara dasar keilmuan statistika (sebagaimana diatur dalam Kurikulum Nasional) dan kebutuhan akan peminatan aplikasi ilmu yang dituangkan dalam kurikulum lokal yang dibentuk dalam 3 bidang peminatan yakni bidang statistika formal (ilmu), bidang statistika industri dan bidang statistika sosial ekonomi.

 

 

 

Pada tahun 2004, Prodi Statistika Unisba mampu mepertahankan tingkat akreditasinya. Berdasarkan hasil ini direkomendasikan untuk segera mungkin, melakukan revisi kurikulum pada bentuk kurikulum yang berbasis kompetensi (KBK). Perkembangan dunia modern saat ini menuntut diperbaharuinya sistem pembelajaran, khususnya pada tingkat pendidikan tinggi. Perubahan ini khususnya dipacu oleh tersedianya berbagai sumber informasi yang dapat diakses dengan mudah oleh setiap orang. Salah satu karakteristik sumber daya yang diperlukan pada saat ini adalah mereka yang memiliki kemampuan belajar yang tinggi, dan mampu secara cepat beradaptasi dengn perubahan yang pesat.

Dalam rangka menghadapi perubahan ini, sistem pembelajaran di Prodi Statistika Unisba diharapkan bukan hanya mengembangkan pengetahuan peserta didik pada disiplin ilmu yang terkait, namun lebih dari itu, dengan tanpa menghilangkan ciri keislaman di Unisba, sistem ini diharapkan dapat mengembangkan ketrampilan belajar peserta didik. Bentuk-bentuk perkuliahan yang secara satu arah menyampaikan materi ajar kepada mahasiswa harus diimbangi juga dengan aktivitas interaktif yang memupuk ketrampilan mahasiswa dalam self learning dan berinteraksi dengan sekitarnya. Aktivitas lain yang memupuk kemampuan mahasiswa dalam mengungkapkan buah pikirannya, baik secara lisan maupun tulisan juga akan terus dikembangkan. Untuk mencapai harapan itu, Prodi Statistika FMIPA – Unisba mulai tahun akademik 2005/2006 mulai mengembangkan suatu kurikulum yang berbasis kompetensi (KBK). Dalam penyusunan KBK ini, pihak jurusan melibatkan seluruh stakeholder, mulai dari mahasiswa, alumni, staf pengajar, sampai dengan masyarakat pengguna lulusan. Selain itu, dalam penyusunan KBK ini juga melibatkan para ahli dari berbagai perguruan tinggi negeri di Indonesia, seperti: Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Perkembangan kurikulum di Prodi Statistika Unisba selanjutnya adalah kurikulum hasil peninjauan Tahun 2009.  Dalam Kurikulum 2009, Prodi Statistika Unisba menyediakan tiga bidang peminatan yaitu Statistika Industri, Riset Pemasaran dan Aktuaria.

II.  Kurikulum 2013

Dalam perjalanannya, Kurikulum 2009 telah beberapa kali dievaluasi, terutama dari segi kandungan atau konten setiap mata kuliah, dengan mengevaluasi silabi-nya.  Setelah melihat perkembangan yang ada di dunia kerja, serta masukan dari stakeholder, maka Prodi Statistika memutuskan untuk melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap Kurikulum 2009 dan pada akhirnya melahirkan kurikulum baru, yang secara struktur berbeda dengan kurikulum sebelumnya.  Perubahan kurikulum dalam skala agak besar ini juga untuk merespon beberapa aturan perundangan yang baru. Kurikulum baru ini kami namakan dengan Kurikulum 2013.  Kurikulum ini disusun berdasarkan masukan-masukan dari para stakeholder, diantaranya adalah:
•    Dari masukan dosen di lingkungan Prodi Satistika Unisba (internal);
•    Kurikulum Prodi Statistika dari beberapa perguruan tinggi di Indonesia;
•    Kurikulum Prodi Statistika dari beberapa perguruan tinggi di luar negeri;
•    Organisasi penyelenggara Program Studi Statistika di Indonesia, yaitu Forum Pendidikan Tinggi Statistika Indonesia (FORSTAT);
•    Dunia kerja (pengguna): lembaga survey, perbankan, dll.

 

Landasan hukum.

Landasan perundangan sebagai dasar penyusunan Kurikulum 2013 adalah:
a.    Peraturan Presiden RI No. 08 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia
b.    Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 73 Tahun 2013 tentang Penerapan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia Bidang Pendidikan Tinggi.
c.    Undang-undang RI nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,
d.    Perturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan,
e.    Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 045/U/2002 tentang Kurikulum Pendidikan Tinggi,
f.    Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 232/U/2000 tentang Pedoman Penyususnan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa,
g.    Standar Isi Pendidikan Tinggi 2010 dari Badan Standarisasi Nasional Pendidikan (BSNP)
Kurikulum 2013 ini juga sudah mengintegrasikan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), dengan capaian pembelajaran untuk sarjana (Strata-1) adalah level 6.

 

 

III.  Kurikulum 2013 dalam Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia


Berdasarkan konsep Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia-KKNI (Perpres No. 08 Tahun 2012 dan Permendikbud No. 73 Tahun 2013), maka capaian pembelajaran (learningoutcome) dari Kurikulum 2013 dapat dinyatakan ke dalam tiga komponen, yaitu (a) Kemampuan Bidang Kerja, (2) Lingkup Kerja Berdasarkan Pengetahuan yang Dikuasai, dan (3) Kemampua Manajerial.  Ketiga komponen tersebut dijabarkan berikut ini.


A.    Kemampuan Bidang Kerja :
1.    Memiliki kemampuan merumuskan masalah dan menyusun rancangan pengumpulan data yang efisien serta menerapkannya dalam bentuk survei sederhana maupun percobaan standar (faktorial penuh, ortogonal) yang sesuai dengan konteks permasalahan yang dihadapi.
a)    Mampu merumuskan masalah dengan baik dan menentukan metode pengumpulan data yang tepat
b)    Mampu membuat rancangan yang tepat dari suatu percobaan
c)    Mampu membuat rancangan sampling yang efisien untuk suatu survey
d)    Mampu membuat simulasi pembangkitan data
e)    Mampu membuat instrumen pengumpulan data
f)    Mampu mengkoordinasikan pelaksanaan survey
g)    Mampu melakukan evaluasi suatu rancangan pengumpulan data
h)    Mampu merumuskan hipotesis statistik dari permasalahan penelitian
2.    Mampu mengelola dan menganalisis data menggunakan teknik-teknik statistika secara runut dengan bantuan perangkat lunak statistika, serta menterjemahkan hasil analisis sesuai dengan konteks yang dihadapi.
a)    Mampu menyusun struktur data dengan benar sesuai dengan kebutuhan analisis
b)    Mampu mengoperasikan software-software statistik
c)    Mampu menyusun makro untuk analisis yang standar
d)    Mampu melakukan analisis data sesuai dengan tujuan penelitian
e)    Mampu melakukan pengujian hipotesis sesuai dengan permasalahan
3.    Memiliki kemampuan menyajikan berbagai hasil analisis dalam bentuk yang mudah dipahami oleh pengguna.
a)    Mampu menyajikan hasil analisis secara informatif
b)    Mampu menarik kesimpulan secara sah dari hasil analisis yang dilakukan dan mengkaitkannya dengan permasalahan yang dihadapi
c)    Mampu mengkomunikasikan hasil analisis data baik dalam bentuk laporan tertulis maupun pemaparan lisan menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh bidang ilmu lain.


B.    Lingkup Kerja Berdasarkan Pengetahuan yang Dikuasai
Menguasai prinsip dasar sampling, perancangan percobaan, uji hipotesis dan analisis data dalam penerapan rancangan pengumpulan data dan analisisnya:
1.    Mempunyai pengetahuan dasar yang kuat tentang sampling, perancangan percobaan, uji hipotesis dan analisis data
2.    Memiliki berbagai pengetahuan ilmu dasar dan pengetahuan bidang terapan
3.    Mampu menerapkan statistika di berbagai bidang ilmu

C.    Kemampuan Manajerial
Memiliki kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi dengan praktisi bidang terapan kuantitatif  serta  penuh tanggung jawab dalam pelaksanaan tugas di lingkungan kerja
1.    Mampu bekerja dalam tim
2.    Memiliki etika penerapan statistika yang baik

Lokakarya Penyusunan Kurikulum


IV.  Distribusi Mata Kuliah Setiap Semester
Pada semester pertama, setiap mahasiswa diharuskan mengambil semua mata kuliah yang sudah ditentukan. Untuk semester berikutnya, jumlah maksimum satuan kredit semester (SKS) yang dapat diambil mahasiswa ditentukan oleh prestasi mahasiswa tersebut pada semester sebelumnya yang diwakili oleh Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Mahasiswa yang mempunyai prestasi akademik baik dapat mengajukan permintaan pada Dosen Walinya untuk dapat mengikuti kuliah dengan jumlah SKS melebihi jumlah SKS yang telah ditentukan untuk setiap semester. Mahasiswa wajib menyelesaikan mata kuliah kurikulum inti dan kurikulum institusional sekurang-kurangnya 147 (seratus empat puluh tujuh) SKS yang dapat diselesaikan dalam waktu 8 (delapan) semester.  Adapun rincian mata kuliah per semester adalah sebagai berikut:

 

Semester 1
No. Kode Mata Kuliah SKS
1 UAI101 PAI Aqidah 1 (1- 0)
2 MDF101 Pancasila dan Kewarganegaraan 2 (2- 0)
3 MDF103 Bahasa Indonesia 2 (2- 0)
4 MDF105 Bahasa Inggris 1 2 (2- 0)
5 MDF107 Matematika Dasar 3 (3- 0)
6 MSW101 Aljabar Linier Elementer 3 (3- 0)
7 MSW103 Metode Statistika 1 3 (3- 0)
8 MSW105 Statistika Kependudukan 3 (3- 0)
Jumlah 19

 

Semester 1
No. Kode Mata Kuliah SKS
1 UAI102 PAI Pesantren 0
(0- 2)
2 MDF102 Kalkulus 1 3
(3- 0)
3 MSW102 Vektor dan Matriks 3
(3- 0)
4 MSW104 Pengantar Peluang 3
(3- 0)
5 MSW106 Metode Statistika 2 3 (3- 0)
6 MSW108 Manajemen Data 2
(2- 0)
7 MSW110 Analisis Input-Output
3
(3- 0)
8 MSW112 Praktikum Manajemen Data 1
(0- 1)
9 MSW104 Praktikum Metode Statistika 1 (0- 1)
Jumlah
19

 

Semester 3
No. Kode Mata Kuliah SKS
1 UAI201 PAI Fiqih Muamalah 1 (1- 0)
2 MDF201 Kalkulus 2 3 (3- 0)
3 MSW201 Statistika Matematik 1 3 (3- 0)
4 MSW203 Analisis Regresi 1 3 (3- 0)
5 MSW205 Analisis Data Deret Waktu 3 (3- 0)
6 MSW207 Statistika Nonparametrik 3 (3- 0)
7 MSW209 Praktikum Analisis Regresi 1 (0- 1)
8 MSW211 Praktikum Analisis Data 1 1 (0- 1)
9 MSP201 EK Pengantar Ilmu Ekonomi 3 (3- 0)
MSP201 EB Pengantar Ilmu Ekonomi (3- 0)
MSP203 BI Pengantar Epidemiologi (3- 0)
Jumlah 21

 

Semester 4
No. Kode Mata Kuliah SKS
1 UAI202 PAI Akhlak 1 (1- 0)
2 MDF202 Kalkulus Lanjut 3 (3- 0)
3 MSW202 Statistika Matematik 2 3 (3- 0)
4 MSW204 Analisis Regresi 2 3 (3- 0)
5 MSW206 Analisis dan Rancangan Percobaan 4 (4- 0)
6 MSW208 Bahasa Pemograman Statistika 2 (2- 0)
7 MSW210 Praktikum Perancangan Percobaan 1 (0- 1)
8 MSW212 Prak. Bahasa Pemograman Statistika 1 (0- 1)
9 MSP202 AK Dasar-dasar Asuransi Syariah 3 (3- 0)
MSP204 EB An. Kep. Bisnis Kuantitatif (3- 0)
MSP206 BI Pengantar Biostatistika (3- 0)
Jumlah 21

 

Semester 5
No. Kode Mata Kuliah SKS
1 UAI301 PAI Sejarah Peradaban Islam 1 (1- 0)
2 MSW301 Metode Sampling 3 (3- 0)
3 MSW303 Komputasi Statistika 3 (3- 0)
4 MSW305 Statistika Multivariat 3 (3- 0)
5 MSW307 Analisis Data Kategorik 3 (3- 0)
6 MSW309 Praktikum Komputasi Statistika 1 (0- 1)
7 MSW3011 Praktikum Analisis Data 2 1 (0- 1)
8 MSP301 EK Statistika Asuransi 1 3 (3- 0)
MSP303 EB Matematika Keuangan (3- 0)
MSP305 BI Ranc. & An. Percobaan Klinis (3- 0)
9 MSP301 EK Matematika Keuangan 3 (3- 0)
MSP303 EB Metode Riset Pemasaran 1 (3- 0)
MSP305 BI Analisis Data Longitudinal (3- 0)
Jumlah 21

 

Semester 6
No. Kode Mata Kuliah SKS
1 UAI302 PAI Pemikiran Islam 1 (1 - 0)
2 MSW302 Analisis dan Rancangan Survey 3 (3 - 0)
3 MSW304 Analisis Data Eksplorasi 3 (3 - 0)
4 MSW306 Pengendalian Kualitas Statistika 3 (3 - 0)
5 MSW308 Kuliah Praktek 3 (0 - 3)
6 MSW310 Praktikum Perancangan Survey 1 (0 - 1)
7 MSW312 Praktikum Analisis Data 3 1 (0 - 1)
8 MSP302 EK Statistika Asuransi 2 3 (3 - 0)
MSP304 EB Riset Operasi (3 - 0)
MSP306 BI Sampling dalam Perc. Klinis (3 - 0)
9 MSP302 EK Analisis Data Survival 3 (3 - 0)
MSP304 EB Metode Riset Pemasaran 2 (3 - 0)
MSP306 BI Analisis Data Survival (3 - 0)
Jumlah 21

 

Semester 7
No. Kode Mata Kuliah SKS
1 UAI401 PAI Islam dalam Ilmu 1 (1 - 0)
2 MDF401 Bahasa Inggris 2 2 (2 - 0)
3 MSW401 Pengantar Proses Stokastik 3 (3 - 0)
4 MSW403 Kapita Selekta Statistika 3 (3 - 0)
5 MSW405 Data Mining 2 (2 - 0)
6 MSW407 Konsultasi Statistika 2 (2 - 0)
7 MSW409 Praktikum Data Mining 1 (0 - 1)
8 MSP401 EK Teori Resiko 3 (3 - 0)
MSP401 EB Teori Resiko (3 - 0)
MSP403 BI Analisis Data Microarray (3 - 0)
Jumlah 17

 

Semester 8
No. Kode Mata Kuliah SKS
1 MSW402 Kolokium 1 (0 - 1)
2 MSW404 Seminar 2 (0 - 2)
3 MSW406 Skripsi 5 (0 - 5)
Jumlah 8