Universitas Islam Bandung
Program Studi Statistika

Laboratorium Statistika

Laboratorium Statistika

Laboratorium Statistika (Labstat) Unisba didirikan dengan tujuan untuk mendukung proses pembelajaran di kelas, yang secara umum ditujukan untuk melengkapi dan memberikan pelatihan penerapan metode dan analisis statistika dengan menggunakan beberapa perangkat lunak statistika.  Dalam laboratorium ini akan diajarkan kepada mahasiswa bagaimana mengolah data statistik dengan menggunakan suatu program statistik tertentu, dimana teorinya diajarkan pada beberapa mata kuliah yang memerlukan masalah komputasi yang rumit. Tujuan khusus laboratorium ini adalah agar mahasiswa mampu menggunakan paket aplikasi statistika pada suatu sistem di dalam komputer. Sedangkan tujuan umumnya adalah mahasiswa mampu menginterpretasikan hasil-hasil yang diberikan dalam paket aplikasi statistik tersebut.

 

Laboratorium Statistika dilengkapi dengan 20 (dua puluh) buah komputer yang terkoneksi dengan internet serta dilengkapi dengan berbagai software statistika yang biasa dipergunakan di lingkungan pemerintahan maupun swasta.  Dengan dilengkapi LCD proyektor serta ruangan yang ber-AC, maka kegiatan praktikum dapat terlaksana dengan lancar dan kondusif.  Setiap praktikum akan dibimbing oleh satu orang dosen dan satu atau lebih asisten.  Asisten praktikum terdiri dari mahasiswa semester akhir dan alumni statistika.

Laboratorium Statistika Unisba pertama didirikan oleh Jurusan Statistika Unisba pada tahun 1972 guna menunjang kegiatan proses pembelajaran. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan kegiatan penelitian Labstat Unisba turut berperan dalam kegiatan tersebut. Antara lain menyediakan sarana dan tenaga ahli dalam berbagai kegiatan Pelatihan Analisis Data Statistik, Konsultasi Analisis Data Statistik, Riset Pasar, dll.

Layanan yang tersedia:

  1. Pelatihan analisis statistika menggunakan software statistik, antara lain: SPSS, SAS, R, Excel, Eviews, Mathlab, Lisrel, Amos, dll.
  2. Konsutasi analisis data statistika untuk Penelitian, Skripsi, Tesis, dan Desertasi
  3. Menyediakan jasa survey berbagai kegiatan penelitian
  4. Menyediakan jasa riset pasar untuk industri dan instansi pemerintah maupun swasta.